Best Blogger Tips

Tuesday 24 February 2015

Filsafat Hukum Undip

salah satu mata kuliah yang diajarkan di fakultas hukum adalah Filsafat Hukum. Sedikit sharing seringkali mata kuliah ini membuat para mahasiswa pusing tujuh keliling, baru melihat sekilas handoutnya saja sudah malas untuk membacanya. Lalu bagaimana bisa mengerti kalau tidak mau membaca ? hehehe.
Berbeda dengan kuliah filsafat hukum dikampus lain, materi kuliah yang diajarkan di kampus Undip bukan hanya mengenai aliran-aliran filsafat hukum semata, tetapi lebih menekankan pada paradigma yang mendasari terbentuknya aliran tersebut. Ups jangan pesimis dulu, you must catch more flies with honey than with vinegar, and u will get high score :D

Silahkan pelajari pidato pengukuhan guru besar dari Ibu dosen kita, Prof Erlyn. Bisa dibilang pidato ini adalah brief summary dari mata kuliah beliau. Apabila bahasanya sulit dimengerti, maka pergunakan bahasa kalian sendiri namun tetap bahasa yang baku, Insyaallah beliau akan memberi pengertian selama inti dari permasalahan dapat kita jangkau. Saran saya sih, jangan dihafalkan, pergunakan bahasa sendiri saja yang kurang lebih memiliki makna dan maksud yang sama.


download pidato pengukuhan guru besar Prof Erlyn Indarti, Erlyn Indarti, S.H.,M.A.,Ph.D

Sebagai tugas akhir sebelum UAS biasanya akan diberi tugas  untuk membuat makalah mengenai filsafat hukum, tetapi hanya diperbolehkan menggunakan dua paradigma, yakni Critical Theory et.al, dan Constructivism. Nah, berikut contoh gambaran makalah filsafat hukum yang pernah saya buat dengan paradigma constructivism, tidak sempurna tapi semoga bisa sedikit membantu.

download makalah filsafat hukum peradigma contstructivism disini
download makalah filsafat hukum (Kajian atas FCTC dari kacamata Critical Legal Studies)
Bagikan Artikel Ini :

1 comments:

kazuki2929 said...

mantap mas, izin sedot ah wkwkwk

Post a Comment